Sabtu, 08 Oktober 2011







Fiber optik adalah sebuah kaca murni yang panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia. Dan dalam pengunaannya beberapa fiber optik dijadikan satu dalam sebuah tempat yang dinamakan cabel optic,cable fiber optik digunakan untuk mengantarkan data digital yang berupa sinar dalam jarak yang sangat jauh.dengan mengunakan cable fiber optic lebih cepat untuk transfer data atau komonikasi, Perkembangan teknologi serat optik saat ini, telah dapat menghasilkan pelemahan (attenuation) kurang dari 20 decibels (dB)/km. Dengan lebar jalur (bandwidth) yang besar sehingga kemampuan fiber optic dalam mentransmisikan data menjadi lebih banyak dan cepat dibandingan dengan penggunaan kabel konvensional. Dengan demikian serat optik sangat cocok digunakan terutama dalam aplikasi sistem telekomunikasi[2]. Pada prinsipnya serat optik memantulkan dan membiaskan sejumlah cahaya yang merambat didalamnya fiber optik.dalam satuan fiber optik di namakan core.
Core adalah satuan dari fiber optic/kaca tipis yang merupakan bagian inti dari fiber optik yang dimana pengiriman sinar laser fiber optic.
Cladding adalah materi yang mengelilingi inti fiber optic yang berfungsi memantulkan sinar kembali ke dalam inti(core) atau fiber optiknya.
Buffer Coating adalah plastic pelapis yang melindungi fiber optik dari kerusakan dan kotor.

Jenis Fiber Optik
1. Single-mode fiber optik
Mempunyai inti fiber optic yang kecil (berdiameter 0.00035 inch atau 9 micron) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang
2. Multi-mode fiber optik
Mempunyai inti fiber optic yang lebih besar(berdiameter 0.0025 inch atau 62.5 micron) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang gelombang 850-1300 nanometer)
Sinar dalam fiber optik berjalan melalui inti dengan secara memantul dari cladding, dan hal ini disebut total internal reflection, karena cladding sama sekali tidak menyerap sinar dari inti. Akan tetapi dikarenakan ketidakmurnian kaca sinyal cahaya fiber optic akan terdegradasi, ketahanan sinyal tergantung pada kemurnian kaca fiber optic dan panjang gelombang sinyal.
Keuntungan Fiber Optik
Murah : jika dibandingkan dengan kabel tembaga dalam panjang yang sama.
Lebih tipis: mempunyai diameter yang lebih kecil daripada kabel tembaga.
fiber optic Kapasitas lebih besar.
fiber optic Sinyal degradasi lebih kecil.
fiber optic Tidak mudah terbakar : tidak mengalirkan listrik.
Fleksibel.
Sinyal digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About